Cara Mengatasi Efek Samping Penggunaan Morphine Menurut SehatQ.com

Rabu, Mei 26, 2021 pada , | Beri komentar
Cara Mengatasi Efek Samping Penggunaan Morphine Menurut SehatQ.com

Rasa nyeri merupakan sebuah gejala yang timbul jika ada gangguan pada organ tubuh. Skala rasa sakitnya juga beragam, ada yang rendah dan juga berat. Obat pereda nyeri yang kerap digunakan biasanya berasal dari golongan NSAID sedangkan untuk nyeri berat dapat menggunakan morphine. Berikut efek samping yang kerap muncul beserta cara mengatasinya.

Efek Samping Penggunaan MST Continus

1. Sakit Perut

MST Continus merupakan salah satu merek dagang yang beredar di Indonesia. Obat tersebut berfungsi sebagai pereda nyeri hebat yang berasal dari golongan analgesic opioid. Produk tersebut direkomendasikan untuk mengatasi rasa sakit setelah operasi, cedera serius, kanker, atau serangan jantung.

Sayangnya, efek yang terlalu kuat kadang disertai dengan timbulnya gangguan lain. Pasien bisa saja merasa sakit perut setelah mengkonsumsinya. Apabila anda merasakan hal tersebut, maka tidak perlu khawatir selama rasanya masih dalam batasan wajar. Gunakanlah beberapa cara yang mudah untuk mengatasinya.

Beberapa langkah tersebut diantaranya adalah mengompres perut dengan handuk yang sebelumnya sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Cara ini sudah umum dan bisa anda ditemukan bersamaan dengan info obat yang meringankannya. Anda juga bisa menggunakan media berupa botol yang berisi campuran air panas dan air biasa.

2. Diare

Efek samping lain yang bisa juga muncul setelah konsumsi zat tersebut adalah diare. Bagi anda yang belum tahu, diare merupakan sebuah gangguan pada sistem pencernaan yang menyebabkan penderitanya sering buang air besar. Salah satu ciri cirinya adalah konsistensi tinja yang lebih encer dibandingkan biasanya. 

Apabila anda mengalami hal tersebut, maka bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Salah satunya adalah memenuhi cairan tubuh dengan konsumsi minuman kaya elektrolit. Anda juga harus menghindarkan diri dari konsumsi minuman yang memiliki efek pencahar seperti kopi, soda, alkohol, dan minuman manis sehingga diare bisa segera teratasi.

Langkah yang telah disebutkan tadi cukup mudah sehingga rasa mules yang muncul dapat teratasi dengan baik. Pengetahuan ini biasanya ikut tercantum bersamaan dengan info obat yang dapat meredakannya. Apabila gejalanya tidak kunjung mereda barulah anda harus mengunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

3. Mual

Orang yang mengkonsumsi MST Continus juga bisa merasakan mual setelah mengkonsumsi obat tersebut. Apabila anda adalah salah satu penderitanya, maka tidak perlu khawatir. Hal ini menjadi efek samping yang umum dialami oleh kebanyakan orang. Anda hanya perlu memastikan bahwa tubuh tidak sampai dehidrasi akibat terlalu banyak muntah.

Untuk mengatasinya anda bisa duduk dengan tegak setelah makan dan tidak segera berbaring. Anda juga bisa beristirahat dengan posisi kepala yang lebih tinggi daripada kaki. Langkah ini bisa dicoba karena terbukti ampuh untuk mengatasi gangguan tersebut. Apabila mualnya muncul di pagi hari, konsumsilah keju atau daging tanpa lemak sebelum tidur di malam harinya.
 

4. Muntah

Muntah merupakan efek samping konsumsi morphine yang juga kerap muncul. Hal ini menjadi buntut dari rasa mual yang dialami pasien. Untuk mengatasinya anda bisa minum larutan gula sehingga perut menjadi lebih tenang. Hindari pula konsumsi minuman asam sementara waktu, salah satunya adalah jus jeruk hingga kondisinya jauh lebih membaik. 

Berbagai efek samping yang disebutkan tadi adalah gangguan yang umum diderita oleh pengkonsumsi MST Continus. Akan tetapi jika kondisinya sudah terlalu parah, anda harus segera menghubungi dokter. Anda juga bisa mencari informasi lebih lanjut di internet terkait dengan hal tersebut sehingga bisa jauh lebih waspada.

0 komentar:

Posting Komentar